Home » » ALHAMDULILLAH, AGAR MASA TUA TAK SUSAH, INI SKEMA DANA PENSIUN GURU PPPK

ALHAMDULILLAH, AGAR MASA TUA TAK SUSAH, INI SKEMA DANA PENSIUN GURU PPPK

Pemerintah mewacanakan skema dana pensiun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) melalui dana Taspen. Gaji guru akan dipotong setiap bulan agar menjadi penghasilan saat mereka pensiun nanti.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) memiliki rancangan untuk dana pensiun guru yang diangkat melalui jalur PPPK.

Skema yang sedang dibahas adalah pemotongan gaji setiap bulan yang akan dikumpulkan ke PT Taspen.

“Nanti ada kerja sama dengan cara memotong gaji untuk hari tua,'' kata Muhadjir di Kantor Kemendikbud.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan, nominal gaji guru PPPK sama dengan standar PNS. Dana pensiun yang membedakannya. Namun, skema pensiun melalui dana Taspen itu masih terus dibahas di BKN.

Selain itu, juga harus ditanyakan kembali kepada guru apakah mereka mau dipotong gajinya setiap bulan. Bagi guru honorer yang tidak lulus PPPK juga sedang dipikirkan skema pen da patan nya.

Apakah gaji yang mereka te rima setiap bulan akan disetarakan dengan upah minimum regional (UMR) di masing-masing daerah atau seperti.

“Rencananya jika tidak lulus CPPPK diupayakan gajinya sa ma dengan UMR. Ini sedang di hitung-hitung. Saya harap bisa segera diselesaikan,” terang guru besar Universitas Negeri Malang ini.

Menurut Muhadjir, guru ibarat akar rumput pendidikan. Artinya, pendidikan tidak akan hijau jika gurunya sendiri tidak subur.

Sebab itu, jika membicarakan guru yang berkualitas, guru harus dibuat sejahtera terlebih dulu. Guru juga harus dibuat bangga dengan profesinya. Karena itu, dia menegaskan pemerintah akan terus berusaha keras untuk memenuhi hak-hak guru khususnya masalah gaji.

Adanya alokasi 112.000 CPNS guru tahun ini meru pa kan satu di antara bentuk perhatian kepada guru honorer. “Saya kira dalam sejarah kemerdekaan baru ada alokasi terbesar CPNS guru. Kita harap tahun depan akan ada pengangkatan sehingga semua guru mempunyai status yang jelas,'' ungkapnya.

Sumber :economy.okezone.com

Thanks for reading ALHAMDULILLAH, AGAR MASA TUA TAK SUSAH, INI SKEMA DANA PENSIUN GURU PPPK

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();